dirgantara , mesin, informatika, elektro, aeronautika, industri, kampus, yogyakarta, universitas, institut, penerbangan
INFO PMB : +62878 5866 7788    

Dosen ITDA selenggarakan Pelatihan IT Essentials di SMK N 3 Yogyakarta

Updated by: | Tanggal: 24 Juni 2022 jam 13:06:00

Rabu, 15 Juni 2022 dilaksanakan Pelatihan IT Essentials pertama kali di Ruang Laboratorium Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Yogyakarta. Pelatihan bertujuan untuk mendukung ketrampilan peserta dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Mengingat perkembangan teknologi baik itu teknologi perangkat keras, perangkat lunak maupun jaringan komputer sangat penting untuk dipelajari oleh siswa-siswi SMK. Pelatihan tersebut diberikan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta, dan merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap semester. Pelatihan berlangsung selama 6 hari (15 s.d. 17 Juni 2022 dan 21 s.d. 23 Juni 2022) ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X.

Setelah selesai mengikuti pelatihan peserta dapat menerangkan apa saja komponen dari komputer, merakit sistem komputer, instalasi sistem operasi, dan troubleshoot menggunakan tools dan software diagnostic. Selain itu, peserta juga dapat mengkoneksikan Internet dan berbagi resource dalam lingkungan jaringan termasuk mempelajari penggunaan laptop, konektifitas secara wireless, keamanan dan kemampuan komunikasi. Peserta pelatihan yang lulus ujian selama pelatihan akan mendapatkan sertifikat CISCO Academy berskala internasional pada bidang IT Essentials. Sertifikat ini diharapkan memiliki manfaat lebih bagi para siswa nantinya ketika akan mencari pekerjaan dalam bidang TKJ. ITDA Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi bernuansa kedirgantaraan yang telah bekerja sama dengan CISCO Academy dalam beberapa program sertifikasi seperti CCNA 1 s.d. 4, DevNet, CyberOps dan juga program sertifikasi internasional dari Oracle Academy berupa Java Programming dan Database. Program sertifikasi merupakan salah satu bentuk dukungan untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa, khususnya informatika yang mendukung setiap profil lulusan dari Informatika ITDA Yogyakarta.

Peran dosen dalam memberikan pendampingan selama pelatihan untuk memberikan pengawasan dan penjaminan dalam setiap materi yang diserap dan diujikan sehingga tingkat kelulusan dari siswa yang mengikuti pelatihan ini diharapkan sangat tinggi. Semoga selesai pelatihan ini, ada kemampuan signifikan yang dicapai dan meningkatkan skill peserta.