dirgantara , mesin, informatika, elektro, aeronautika, industri, kampus, yogyakarta, universitas, institut, penerbangan
INFO PMB : +62878 5866 7788    

Empat Dosen FTI ITD Adisutjipto Raih Hibah Penelitian dan Pengabdian Kemendikbud Ristek Tahun 2024

Updated by: Prodi | Tanggal: 14 Juni 2024 jam 15:23:00

Yogyakarta, 14 Juni 2024— Empat dosen dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) berhasil meraih hibah penelitian dan pengabdian dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk tahun 2024. Pencapaian ini merupakan bukti komitmen dan dedikasi dosen-dosen ITD Adisutjipto dalam meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen pertama yang meraih hibah adalah Uyuunul Mauidzoh, S.T., M.T. Penelitiannya berfokus pada industri dirgantara dengan judul "Model pangsa pasar multi-airport system di DIY-Jawa Tengah".

Harliyus Agustian, S.Kom., M.Kom, dosen kedua yang menerima hibah yang juga merupakan alumni Program Studi Informatika ITD Adisutjipto, mendapatkan dukungan untuk penelitian dalam bidang informatika dirgantara dengan judul "Case base reasioning dalam mendeteksi kerusakan padaa mesin pesawat cessna C208-B".

Dosen ketiga, Asih Pujiastuti, S.Kom., M.CS, memperoleh hibah untuk penelitian di bidang informatika dirgantara yang juga merupakan alumni Program Studi Informatika ITD Adisutjipto. Proyeknya akan mengeksplorasi penggunaan teknologi robotik dalam meningkatkan produktivitas manufaktur dengan judul "Rancang bangun sistem autonomous landing pada model drone menggunakan deteksi obyek".

Terakhir, Riani Nurdin, S.T., M.Sc menerima hibah untuk pengabdian masyarakat di bidang industri dirgantara. Ibu Riani akan mengembangkan program tata kelola keuangan dengan judul  Penguatan produksi dan tata kelola keuangan di Weeka Sejahtera Group".

Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, APEC Eng, menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas pencapaian para dosen tersebut. "Keberhasilan ini menunjukkan kualitas dan dedikasi dosen-dosen kami dalam berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Dr. Arwin.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, juga memberikan ucapan selamat kepada para penerima hibah. "Kami berharap penelitian dan pengabdian yang didanai ini dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat dan memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia," ujarnya.

Dengan penghargaan ini, diharapkan para dosen penerima hibah dapat terus berinovasi dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan bangsa. Hibah penelitian dan pengabdian ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung penelitian berkualitas dan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat luas.